Bintang-bintang

This post was from the older blog. Posted on May 23, 2016


Dalam rutinitas yang kulalui, tiba-tiba terlintas pertanyaan, Kapan ya terakhir kali aku menikmati pemandangan bintang-bintang di malam hari? Padahal aku selalu pulang kerja di malam hari atau saat kuliah pun sering aku pulang malam hari. Sekarang aku baru menyadari betapa hebatnya aku yang tidak pernah memperhatikan langit. Mendung atau cerah aku tidak pernah peduli (*sigh*). Apa ini karena polusi ? Karena gedung-gedung bertingkat?. Apapun yang ku-kambinghitamkan tetap saja aku terlalu banyak melewatkan hal-hal indah.

Padahal saat aku kecil, aku selalu jatuh cinta dengan bintang-bintang. Dan di detik ini aku jatuh cinta lagi dengannya.

Saat kecil aku selalu menantikan momen ‘pulang kampung’. Dalam perjalanannya yang semalaman, aku jarang sekali tidur dan selalu melihat ke jendela. Karena saat pulang kampung, aku tidak menemui bangunan-bangunan tinggi. Karena saat pulang kampung, bis yang kami tumpangi melalui hamparan sawah yang luas. Karena saat pulang kampung, kami terlepas dari pekatnya polusi perkotaan. Dan ya, si kecil Nurul hampir tidak berkedip melihat bintang-bintang dari jendela bis. Dia mencoba menggabungkan susunan bintang untuk mengetahui arah mata angin. Dia mencoba menghitung jumlah bintang hingga berakhir kebingungan dengan hitungannya sendiri. Dia benar-benar bermimpi ingin menjadi astronot agar bisa melayang-layang di angkasa.

Aku ingin melihat itu lagi.

Momennya selalu menyadarkan aku bahwa aku benar-benar kecil. Memandangnya selalu menyadarkanku bahwa ada atau tidaknya ‘aku’, sangat tidak berpengaruh dengan alam semesta. Terus mengamatinya membuatku berpikir, mungkin bintang-bintang itu lebih taat pada Penciptanya dibandingkan aku. Siapa Dzat yang hebat menciptakan langit dengan hiasan bintang-bintang yang seluas ini ?. Siapa aku yang membuat satu bintangpun takkan pernah sanggup?.

Aku ingin melihat bintang-bintang lagi.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

