Menulis Surat Cinta #3 – Ia dan Cintanya

This post was from the older blog. Posted on March 27, 2016


Kudengar ada seorang lelaki tua nan buta yang setiap hari selalu meludahinya, mengejeknya, dan menganggapnya gila. Tapi kudengar ia selalu datang mengunjungi lelaki buta itu dengan membawa makanan dan menyuapinya. Saat ia telah tiada, sahabat terbaiknya mengunjungi kakek buta itu dan melakukan apa yang telah ia lakukan, membawa makanan dan menyuapinya. Perasaan aneh hinggap di lelaki buta itu karena suapan makanan yang biasa ia terima sangatlah lembut berbeda dengan suapan yang kini ia terima. Dan semakin terkejutlah dia saat mengetahui orang yang biasa menyuapinya dengan kelembutan adalah orang yang setiap hari ia ejek dan ludahi.

Kudengar ia pernah dilempari batu hingga berdarah-darah. Tapi ia tetap enggan untuk membalas orang-orang itu. Ia senantiasa berharap orang-orang itu ataupun keturunannya berubah lebih baik.

Kudengar pula ia pernah dicekik, dilempari kotoran, hingga diracun. Dan dari semua kengerian itu, ia tidak pernah sekalipun membalas dengan hal yang serupa. Ia tetap penuh kasih sayang.

Kudengar saat ia tengah sakaratul maut, ia meminta semua rasa sakit dari semua pencabutan nyawa umatnya ditanggung oleh dirinya. Ia memikirkan bagaimana kondisi umatnya di akhir hidupnya. Kudengar ia begitu cinta dan rindu dengan umatnya meski tidak pernah berjumpa, hingga menyebut mereka saudara.

Mendengar itu semua, aku semakin sadar kalau seseorang hanya bisa memberi apa yang dimilikinya. Indahnya, ia hanya memiliki yang baik dan hanya mampu memberi yang baik. Mungkin bila aku lebih membuka mata dan hati, aku hanya akan jatuh cinta dengannya. Mungkin bila aku lebih cerdas melihat dan mendengar segala sesuatu tanpa nafsu, aku akan lebih mencintainya dibanding manusia lainnya. Mungkin bila aku lebih mengenalnya, aku akan semakin mencintainya melebihi diriku sendiri. Ah..aku ingin tulus mencintainya. Bukankah pecinta sejati akan melakukan segalanya demi orang yang dicintainya?

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

