One of The Happiest Days : Jum’at ini Jepang Banget

This post was from the old blog. Posted on March 8, 2014


7 Maret 2014 adalah salah satu hari yang gak akan mau saya lupakan, hari itu ada Kuliah Umum dengan guest lecture dari Jepang. Iyaa Jepang !!!. negara yang jadi mimpi banyak orang untuk menimba ilmunya. “Aaaa… gak boleh banget telat karena malu dengan sifat orang Jepang yang sangat menghargai waktu,”itu pikirku. Tapi sebagai manusia yang sudah terlanjur sering ngaret alhasil tetap datang telat, karena acara mulai pukul 08.30 sementara saya sampai kampus pukul 08.45. Untung banget acara belum mulai hehe. Mungkin karena kemacetan atau faktor lain, Sang Guest Lecture dari Jepang baru datang pukul 09.00 (fiuuh).
Norihisa Hiromoto adalah peneliti dari Shizuoka University yang berkonsentrasi pada bidang teknologi Terahertz dan pengembangannya di masa depan. Wah..wah..menarik nih topiknya.,jadilah saya catat dikit2 tentang teknologi yang dijelaskan oleh Hiromoto-san.
Frekuensi TeraHertz (Thz) mampu digunakan untuk mengetahui informasi penting mengenai bagian fisik dari suatu materi atau organisme tertentu. Oleh karena itu, Teknologi TeraHertz diharapkan mampu digunakan dalam bidang bio-medicine dan pencegahan kejahatan. Gelombang TeraHertz berada diantara gelombang inframerah dan gelombang mikro pada spektrum elektromagnetik dengan rentang frekuensi 300 GHz – 3 THz dan panjang gelombang 300  mikrometer serta dapat memberikan pencitraan dan teknologi penginderaan yang tidak tersedia pada teknologi konvensional seperti x-ray dan gelombang mikro. Radiasi Thz juga tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan, berbeda dengan sinar X, karena gelombang THz tidak dapat menembus materi padat dan air. Radiasi THz juga dapat difokuskan tak seperti sinar-X sehingga mudah dikontrol, frekuensinya yang berimpitan dengan frekuensi spektrum dari molekul-molekul penting akan sangat potensial bagi spectroscopy dan pendeteksian molekul-molekul.
Hiromoto-san juga menjelaskan tentang Thz dengan Time Domain Spectroscopy pada GABA food, THz Imaging, Deteksi rambut manusia dengan polarisasi, dll. Pokoknya itu semua adalah pengembangan dan aplikasi dari THz (semog gak salah nyimaknya). Udah itu aja, gak mau jelasin lagi, takut salah dan sok tahu hehe. Selesai acara kuliah umum ada foto bareng juga loh antara kita yang mahasiswa, dosen2 dan profesor2 DTE FTUI dan juga Hiromoto-san. Hihi yang lebih hebatnya lagi posisi saya berada diantara Prof Djoko dan Hiromoto-san, aaaaaaaa seneng banget nget nget bisa punya kesempatan foto diantara dua manusia hebat ini, berasa mau terbaaaang. Semoga saya bisa menyusul menjadi orang hebat seperti beliau-beliau, aamiin. GANBATTE !!! 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: