Ujian Terberat

Ujian terberat hanya akan dialami oleh orang-orang yang baik agamanya.

Seperti Rasulullah yang disebut gila, dilempari kotoran unta dan batu, dicekik, diracun, dan disasar untuk dibunuh. Seperti Nabi Yusuf yang dimasukkan ke dalam sumur, dijual sebagai budak, difitnah, hingga dipenjara bertahun-tahun. Seperti Nabi Ibrahim yang dilempar kedalam api, diminta meninggalkan anak dan istrinya di tanah yang gersang dan terik, hingga diperintahkan Allah untuk menyembelih anaknya sendiri. Seperti Nabi Ayyub yang diambil kekayaannya, dimatikan seluruh anaknya, dan ditimpa penyakit yang tidak pernah dialami oleh orang-orang sebelumnya dan orang-orang sesudahnya. Seperti Nabi Yunus yang dimasukkan kedalam perut ikan paus, yang merasakan gelap dalam gelap. Berlapis-lapis kegelapan tanpa makanan hingga kelaparan.

“Ujian terberat adalah ujian para nabi kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi…”

Maka berbahagialah kamu yang sedang menjalani ujian. Apapun bentuknya, itu adalah cara agar kamu dan Allah tetap dekat. Agar kamu selalu ingat dengan-Nya. Agar kamu selalu berdoa pada-Nya. karena ada kalimat indah dari Rasulullah,

Sesungguhnya balasan terbesar dari ujian yang berat. Jika Allah mencintai suatu kaum, maka Allah akan memberikan cobaan kepada mereka. Barangsiapa ridho, maka Allah pun ridho. Dan barangsiapa murka (tidak suka pada cobaan tersebut, pen), maka baginya murka Allah. (HR. Tirmidzi no. 2396)

Tuh kan, Allah tu cinta sama kamu, iya kamu. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: