Kamu bisa APA ?

Kalau kita mengikuti berita di berbagai media massa, kalau kita benar-benar menyimak dan berpikir. Kita akan sadar bahwa, Indonesia kini sedang kritis.

Tadi saya menonton sebuah video dialog antara wakil rakyat kita dengan beberapa mahasiswa, lalu saya menangis. Sedih karena mahasiswa diusir. Sedih karena kecewa dengan wakil rakyat yang telah kita pilih seperti ini sifatnya.

Lalu saya berpikir, sampai kapan kita terus berpikir individual, hanya berpikir kita dan keluarga kita makan apa hari ini, besok, dan segala rencana hidup kita yang lain.

Kalau ada begitu banyak orang cerdas di Indonesia, tapi kenapa wakil rakyat kita terkesan orang yang bodoh dan egois. Apa Indonesia kehilangan wakil rakyat yang peduli dan gigih memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya. Apa Indonesia sudah kehilangan orang yang seperti itu?

Sejak kuliah saya tidak pernah bisa melupakan segala kondisi ini. Saya sering berpikir dan berakhir ketakutan sendiri tiap memikirkan kelak Allah bertanya pada saya, “Kenapa kamu diam saja saat ada banyak orang di sekelilingmu dizalimi? Kenapa kamu menutup mata pada kesalahan saudaramu sendiri? Kenapa kamu tidak menyebarkan ilmu yang telah kamu pelajari? Kenapa kamu tidak membantu saudaramu yang kelaparan dengan harta dan ilmumu? Kenapa kamu tidak mengingatkan pemimpinmu yang menyalahi syariat-Ku? Kenapa kamu shaleh sendiri? Kenapa kamu tidak menggunakan lisanmu untuk sekedar mendoakan para pemimpin dan saudaramu? Kenapa kamu egois sekali? ”
.

.

.

Selemah-lemah iman seseorang adalah dengan berdoa. Maka menyelipkan doa untuk kebaikan negeri ini juga adalah kewajiban untuk semua orang yang masih merasa punya iman. Meski ini masih usaha terminim. Maka didampingi dengan kerja semoga lebih menguatkan iman. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: